Keluarga Kecilku

Keluarga Kecilku

Senin, 14 April 2014

Menu MPASI Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Saking semangatnya mau bikin dan ngasih MPASI perdananya Hafidz, dan saran dari teman saya juga, akhirnya saya membuat jadwal menu MPASI usia 6 bulan untuk makan Hafidz selama 1 bulan.


Saya memilih untuk memperkenalkan bubur tepung beras terlebih dahulu, karena menurut saya kebutuhan kalori yang dibutuhkan bayi usia 6 bulan itu cukup besar (tapi tidak sebesar kita) apalagi pada usianya itu sudah mulai beraktifitas, tengkurep, balik badan, goyang kaki, muter-muter, dsb.

Beras yang saya pilih adalah beras merah dengan pertimbangan beras merah memiliki warna alami yang mengandung Antosianin dan zat ini memiliki sifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan antihiperglikemik. Segelas nasi beras merah tumbuk mengandung 216,45 Kalori, 88% kecukupan harian (daily value – DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram), dan proteinnya 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Selain itu juga mengandung asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A.
  • Kandungan vitamin B1, B6, dan B12 yang cukup tinggi, sangat cocok untuk proses perkembangan tubuh bayi. Karena vitamin tersebutmemacu pembentukan energi didalam tubuh bayi.
  • Kulit ari pada beras merah mengandung zat yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi.
  • Mineral yang dikandungnya sangat baik untukperkembangan dan pertumbuhan rambut, gigi, dan tulang pada bayi.
  • Memiliki serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk pencernaan bayi.
  • Mengandung Zat Besi cukup tinggi, untuk memenuhi asupan zat besi pada bayi
  • Kandungan Zat Tamin yang tinggi sangat baik untukperkembangan jaringan Syaraf dan Jantung bayi.
  • Zat Fosfor yang terkandung didalamnya bermanfaat untuk perkembangan rangka bayi.

Dan insya Allah tepung beras merahnya akan saya buat sendiri (Home Made), jadwal diatas akan saya tempel dipintu kulkas agar mempermudah saya saat akan menyiapkan makanan Hafidz.

Sumber; http//www.pesona.co.id , http//www.ibudanbalita.net


Tidak ada komentar:

Posting Komentar